special edition : ILMU ITU JUJUR DAN MULIA

 

“Karena ilmu adalah sesuatu yang mulia, maka cara mendapatkannya pun harus mulia”

 

Salam semangat! Apa kabar? Kaifa haal?

Sekedar flash back posting sebelumnya tentang niat. Bagaimana kabar niat teman-teman hari ini? masihkah lurus d jalan yang diridhoi Illahi?

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang llmu. Tahukah teman-teman apa ilmu itu? Ilmu adalah sesuatu yang mampu membuat kita semakin dekat denganNya. Ilmu bukan saja tentang hal-hal yang berupa materi, akan tetapi juga termasuk di dalamnya adab.Ilmu memiliki adab. Maka, salah satu hal yang mampu menjadi pembeda antara orang yang berilmu dengan orang yang benar-benar berilmu adalah adabnya.

Bagaiamana adab yang baik dan benar dari seorang yang berilmu itu?

Seorang yang memiliki adab ilmu yang baik memiliki salah satu cirri yaitu jujur. Ya, orang yang beradab dalam berilmu selalu menjunjung tinggi nilai kejujuran. Maka, hal inilah yang akan kita bahas dalam posting kali ini. KEJUJURAN DARI SEORANG PEMBELAJAR.

***

Tahukah teman-teman? Indonesia memilki masalah yang sangat besar dalam hal kejujuran, khususnya di sini di dunia pendidikan. Salah satu masalah itu tampak jelas terlihat dari masih tingginya tingkat tindakan mencontek yang dilakukan oleh pelaku pendidikan di Indonesia. Hal ini tentunya membawa dampak buruk bagi Indonesia sendiri khususnya untuk kualtas pendidikan kita. Sebagaimana kita ketahui bahwa Indonesia menduduki peringkat ke 53 dari 76 negara berdasarkan kualitas pendidikannya. Kalah jauh dengan Negara Singapura, Norwegia, dan Finlandia.

Mengapa ini bisa terjadi? Salah satu penyebabnya adalah masih lemahnya mental kita. Masih dangkalnya adab ilmu kita. Jika kita membahas ini maka semua akan kembali pada niat. Jika niat kita sudah salah, maka apa yang kita lakukan pasti juga akan salah dan menyimpang. Orang yang beradab baik, orang yang jujur, orang yang takut pada Allah tidak akan berani untuk berbohong, tidak akan berani untuk mencontek. Orang yang kuat imannya, orang yang teguh dan kokoh agamanya, tidak akan ada dalam pikiran dan benaknya niat untuk mencontek dan tidak jujur. Maka, jika teman-teman masih ada niat dan keinginan untuk tidak jujur dan mencontek dalam ujian, sebuah pertanyaan besar perlu kalian pertanyakan :

“BAGAIMANA KEADAAN  IMANKU? BAGAIMANA KEADAANAN NIATKU?”

Bahkan sebuah hadits mengatakan bahwa ada tiga hal yang Allah SWT tidak ingin bertemu dan menatap lagi wajah hambaNya yang melakukan itu, salah satunya adalah sang pendusta. Apakah teman-teman ingin hal itu terjadi pada diri kalian? Jawabannya pasti tidak. Maka, jauhilah kebohongan dan menjauhlah dari dusta. Sebagaiana kalimat awal dalam tulisan ini, Ilmu adalah sesuatu yang mulia, maka untuk memperolehnya harus dengan tindakan yang mulia (*)

Singkat kata :

SAY NO TO CHEAT!

 

 

 

 

 

 

(QooHaa)

 

 

 

Tinggalkan Balasan